Pontianak Siap Operasikan Container Crane Baru

16 Sep 2011

Pelabuhan Pontianak siap operasikan Container Crane (CC) Twin Lift Kapasitas 61 Ton yang dipesan oleh Pelindo II dari China. Kapal MV. YUAN JING yang berangkat pada tanggal 12 Agustus 2011 lalu, tiba di Ambang Luar Muara Sungai Kapuas pada tanggal 8 September 2011 pukul 11.00 WIB.

\"ayos-edit2\"Kapal MV. YUAN JING yang memiliki panjang 143 Meter dan Lebar 32 Meter tersebut sandar di dermaga 08 Terminal Petikemas Pelabuhan Pontianak pada tanggal 9 September 2011 pukul 18.00 WIB.ayos-edit3

Secara keseluruhan, Crane tersebut berhasil dipindahkan dari kapal ke dermaga 08 dan ditempatkan pada jalur rel CC Terminal Petikemas pada tanggal 11 September 2011 pukul 17.30 WIB.

Menurut Tonny Hendra Cahyadi,
AGM Pengendalian Kinerja & PFSO mengatakan
CC tersebut ditargetkan beroperasi awal bulan Oktober 2011, setelah menjalani masa commissioning test yang diperkirakan memakan waktu lebih kurang 2 s/d 3 minggu.

\”Secara teknis, CC baru dengan type Twin Lift tersebut mampu menghandle 2 (dua) unit petikemas ukuran 20 feet sekaligus, hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kinerja operasional TPK. Sehingga keberadaan CC tersebut dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kinerja operasional TPK hingga 2 kali lipat,\” tutur Toni melalui siaran persnya.

Saat ini, kata dia, tingkat kesiapan 2 (dua) unit CC yang dimiliki pelabuhan Pontianak yang rata-rata mencapai 98,02% dengan rata-rata produksi sebesar 14.000 Teus per bulan.

Diharapkan dengan adanya penambahan 1 (satu) unit CC tersebut, pelabuhan Pontianak mampu meningkatkan kinerja operasionalnya melampaui target B/C/H yang ditetapkan sebesar 20 Box per jam, dan sekaligus mendorong percepatan distribusi barang/petikemas di provinsi Kalimantan Barat.

Selain itu pula, kedatangan CC dimaksud merupakan jawaban atas tuntutan pengguna jasa akan ketersediaan peralatan Bongkar Muat yang memadai khususnya untuk pelayanan petikemas.

\”Namun demikian, penambahan 1 (satu) unit CC tersebut bukanlah merupakan satu-satunya solusi mewujudkan kelancaran distribusi barang secara keseluruhan di pelabuhan Pontianak, tapi perlu juga di dukung dengan peralatan yang memadai untuk percepatan penanganan petikemas di lapangan penumpukan serta dukungan sarana dan prasarana distribusi barang di luar pelabuhan,\” imbuhnya.

Terkait dengan percepatan penanganan petikemas di lapangan penumpukan, kedepan juga akan di datangkan Crane RMGC sebanyak 4 (empat) unit, sehingga dapat mengimbangi kecepatan CC dalam operasi kapal di dermaga.

Berdasarkan data yang diperoleh, data operasional TPK Pelabuhan Pontianak semester 1 tahun 2011 adalah,
Throughput Petikemas : 89.822 Teus
Kinerja B/C/H : 13,32%
Utilisasi CC : 49,84%
Data operasional TPK Pelabuhan Pontianak tahun 2010 adalah
Throughput Petikemas : 150.114 Teus
Kinerja B/C/H : 14,25%.(Ayos)


TAGS


-

Author

Follow Me